Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Wet Wet Wet
Time Tunnel

Time Tunnel: Wet Wet Wet 

Photobucket

Awal Terbentuk
Marti Pellow yang menempati posisi vokal, Tommy Cunningham pada drum dan vokal, Graeme Clark pada posisi bass dan juga vokal sampai Neil Mitchell yang mengisi keyboard dan vokal, merupakan keempat personil yang tergabung dalam Wet Wet Wet (WWW) yang dibentuk sejak tahun 1982, yang sebelumnya bernama Vortex Motion. Sebagai tambahan, Graeme Duffin, yang meski bukan anggota resmi, namun terus bergabung dengan WWW sejak tahun 1983 untuk mengisi posisi gitar. Awal terbentuk WWW yakni saat Graeme Clark dan Tommy Cunningham bertemu di bus sekolah, dan trekan yang lain Neil Mitchell juga memberikan respon yang positif untuk mengisi posisi keyboard. Sedangkan untuk posisi vokal, Clark merekrut Mark McLachlan yang akhirnya mengubah nama menjadi “Marti Pellow” sampai saat ini. Lalu bagaimana sampai mereka mengubah nama menjadi Wet Wet Wet? Ternyata lagu yang dibawakan oleh Scritti Politti dengan judul “Gettin, Havin’ and Holdin'” dengan mengambil lirik yang terdapat dalam lagu tersebut. Untuk genre musiknya sendiri, WWW mengusung aliran musik pop, soul dan sedikit dipengaruhi rock.

Periode 1980
Setelah berhasil menandatangi kontrak dengan PolyGram pada tahun 1985, selama lebih dari 2 dekade berkarir, tercatat 8 studio album dirilis dengan menghasilkan puluhan single yang baik di UK maupun di US. Untuk periode tahun 1980-an sendiri, ketiga album tersebut antara lain Popped In Souled Out yang berhasil menempati posisi no. 1 UK, The Memphis Sessions seta Holding Back the River dengan menghsilkan hits antara lain “Sweet Little Mystery”, “Temptation”, serta “Angel Eyes”, “Wishing I Was Lucky” yang terdapat pada album perdana dan kedua mereka. Sedangkan hits untuk album ketiga mereka, seta Holding Back the River, single yang dihasilkan antara lain “Sweet Surrender”, “Broke Away”, “Hold Back the River” dan “Stay With Me Heartache (Can’t Stand the Night)”.

Periode 1990
Kesuksesan terus diraih WWW, album keempat mereka High on the Happy Side yang dirilis pada tahun 1992 ini, selain berhasil menempati posisi no. 1 pada penjualan, keempat hits yang dihasilkan antara lain, “Make It Tonight”, “Put The Light On”, “Goodnight Girl”, “More than Love” dan “Lip Service”. Sedangkan untuk album kelima mereka yang dirilis sehari menjelang album keempat, Cloak & Dagger merupakan album kelima special yang mereka berikan, karena pada cover albumnya tidak hanya menampilkan mereka berempat, namun ditambah personil tidak resmi mereka, Graeme Duffin yang tampil pada cover album tersebut. Sukses merilis studio album, WWW juga mengeluarkan album live perdana mereka, yakni Live at the Royal Albert Hall dengan menghasilkan single “Blue for You/This Time” pada tahun 1993, ditambah dengan album kompilasi pertama mereka: End of Part One: Their Greatest Hits, dengan menghasilkan single “Shed a Tear” 1993 serta “Cold Cold Heart”.

Tiga tahun setelah langsung mengeluarkan 2 buah studio album pada tahun 1992, tepat pada bulan April 1995, Picture This dirilis dan menempati posisi 1 di UK, dengan menghasilkan monster hits “Love Is All Around” yang bertahan selama 15 minggu posisi no. 1 di tangga lagu UK chart, single ini juga berhasil masuk pada posisi 41 US, dan no. 1 Australia. Hanya itu? Tentu tidak, singla lain yang tak kalah asyiknya pun “Julia Says”, “Don’t Want to Forgive Me Now” “Somewhere Somehow” ditambah “She’s All on My Mind” (1995) serta “Morning”. Sukses album ke-enam, ’10’ yang didapuk menjadi album ketujuh, sekaligus album terakhir mereka pada tahun 90’an sebelum memasuki tahun 2000, juga tidak mengecewakan. Kedua single mereka juga berhasil masuk posisi 5 besar seperti “If I Never See You Again” dan “Yesterday/Maybe I’m in Love”. “Strange” meski hanya sampai posisi 13 juga sayang untuk dilewati.

Reuni Pada tahun 2000
Memasuki tahun 2000, tepatnya pada tahun 2004, album kompilasi kedua mereka dirilis dengan menelurkan single terbaru, “All I Want”, dan 10 tahun terakhir sejak album ’10’ dirilis, pada tahun 2007 lalu, Timeless dirilis untuk menandakan mereka kembali. Meski payah pada posisi chart, namun hits “Too Many People” dan “Weightless” sayang untuk dilewatkan. Secara keseluruhan, pada beberapa lagu yang dibawakan WWW kebanyakan memang masih kebanyakan tentang cinta, namun dengan pandainya mengolah lirik-lirik tersebut, membuat lagu-lagu yang dihasilkan tidak terdengar membosankan. Buat yang sempat merasakan kehadiran mereka pada tahun 1980 hingga 1990an mungkin tidak memliki kesulitan berarti untuk menikmati album mereka, namun buat pendengar yang mau mencari tahu tentang mereka, album The Greatest Hits mereka yang dirilis pada tahun 2004, dapat menjadi pilihan untuk menikmati rangkuman perjalanan karir mereka. Meski sampai saat ini belum ada kabar yang pasti kapan mereka akan merilis album baru, toh tidak ada salahnya menikmati single-single mereka yang memang sangat memorable…hem…

Discography
1. Popped In Souled Out (1987)
2. The Memphis Sessions (1988)
3. Holding Back the River (1989)
4. High on the Happy Side (1992)
5. Cloak & Dagger (1992)
6. Picture This (1995)
7. 10 (1997)

Trivia:
1. Single milik The Beatles, “With a Little Help from My Friends” yang dinyantikan ulang oleh Wet Wet Wet untuk charity merupakan single pertama milik Wet Wet Wet yang menempati posisi no. 1 di UK.
2. Sebelumnya, Rihanna diprediksi bakal mengalahkan rekor lagu terlama Wet Wet Wet, “Love Is All Around”, dengan single milik Rihanna “Umbrella” yang bercokol selama 10 minggu di UK Chart.
3. Pada lagu “Yesterday/Maybe I’m in Love”, mengisi soundtrack album film Bean, The Movie.
4. Ketiga single wet Wet Wet hadir dalam album kompilasi terkenal, NOW, That’s What I Call Music versi Asia/Indonesia, yakni pada album NOW 1, NOW 2 dan Now 3.
5. Selain berhasil menempatkan ketiga singlenya pada posisi 1 di UK Chart, Wet Wet Wet juga memiliki ke-lima single berada di posisi 5 besar dan ke-tiga single berada di posisi top 10, serta 8 single berada di top 20 UK Chart.
(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply