Bruno Mars Dan Mark Ronson Kembali Mendapat Tuntutan Hukum Gara-Gara 'Uptown Funk'

Oleh: admincd - 01 Nov 2016

Bruno Mars dan Mark Ronson kembali menghadapi tuntutan hukum gara-gara single hit mereka, 'Uptown Funk'. Sebuah grup pengusung funk-soul era 80-an bernama Collage telah menuduh dua musisi kenamaan ini menjiplak lagu mereka, 'Young Girls', yang dirilis di tahun 1983. Grup ini juga mengatakan kalau Mars dan Ronson telah mengakui dalam berbagai wawancara jika 'Uptown Funk' terinspirasi dari Eighties Minneapolis dan skena electro-funk di mana Collage adalah bagian di dalamnya.

Dalam tuntutan hukumnya Collage menagih keuntungan dan kerusakan yang tidak spesifik. "Many of the main instrumental attributes and themes of 'Uptown Funk' are deliberately and clearly copied from 'Young Girls'," ungkap band ini dalam tuntutan mereka. Serta mencakup, "the distinct funky specifically noted and timed consistent guitar riffs present throughout the compositions, virtually if not identical bass notes and sequence, rhythm, structure, crescendo of horns and synthesizers rendering the compositions almost indistinguishable if played over each other and strikingly similar if played in consecutively."

Belum ada tanggapan dari Mars dan Ronson tentang tuntutan hukum ini. Dan ini bukan kali pertama tuduhan pelanggaran hak cipta diajukan kepada mereka karena 'Uptown Funk'. Grup funk The Sequence sebelumnya telah mengklaim jika duo ini telah mengkopi lagu tahun 1979 mereka, 'Funk You Up', sementara The Gap Band menuduh Mars-Ronson dengan sengaja meminjam lagu mereka, 'Oops! Upside Your Head'. Anggota The Gap Band kemudian sukses menempatkan nama mereka sebagai bariisan penulis lagu dan mendapat presentase royaltinya.

Jadi, apakah ada kemiripan antara 'Young Girls' dengan 'Uptown Funk'? Coba buktikan dengan mendengar dua lagu tersebut di bawah ini:



admincd
More from Creative Disc