Creativedisc Interview with Rita Ora: EP “Bang” adalah Representasi dari Kebebasan Seorang Artis

Oleh: welly - 15 Feb 2021

Rita Ora adalah salah satu musisi yang sudah berkarir hampir 10 tahun di industri musik. Sudah ada 2 album yang dirilis sejauh ini, dan beberapa single yang bisa dibilang merupakan single yang catchy dan mendapatkan tempat tersendiri kepada para penikmat musik. Namun, sejak dirilisnya album Phoenix di tahun 2018, Rita belum pernah merilis lagu EP atau Album lanjutan. Bahkan di tahun 2020, dia hanya merilis 1 buah single ‘How to Be Lonely’ beserta beberapa remix version untuk lagu ini. Di tahun 2021 ini, Rita akhirnya kembali dengan EP terbarunya. EP yang diberi judul “Bang” ini merupakan EP pertama untuknya karena merupakan hasil kolaborasi bersama Imanbek, seorang DJ, produser yang viral gara-gara versi remix untuk single milik SAINt JHN ‘Roses’.

Ditemui secara virtual beberapa waktu yang lalu, Rita yang mengaku sangat bangga dengan proyek EP “Bang” ini menceritakan secara detil bagaimana proses pembuatannya. “Aku merasa ini seperti ‘science-project’ yang keren, seperti sebuah ‘science-project’ dalam bermusik. Banyak sekali teritori yang kami jumpai dalam proyek ini. Mulai dari Kazakhstan, Miami, L.A., hingga di Amerika Selatan. Kami melakukan semuanya melalui Zoom,” kisahnya, “Aku bahkan tidak pernah bertemu Imanbek sebelumnya, dan bahkan kami tidak berbicara dalam Bahasa yang sama. Jadi, kami perlu untuk bisa terhubung secara musik,” tambah Rita Ora. Tentu proses pembuatan lagu melalui virtual adalah satu hal yang sangat tidak mudah. Terutama, karena project ini adalah proyek yang Rita bilang sangat dia banggakan.

“Aku sangat bangga dengan karya ini karenda tidak banyak orang yang terlibat di dalamnya. Ini benar-benar karya dari artis dan itulah yang sebenarnya kita mau dalam kehidupan ini. Kita ingin sebuah kebebasan. Jadi, EP ini seperti merepresentasikan kebebasan tersebut,” terangnya.

Rita memang termasuk salah satu musisi yang tidak ragu untuk mencoba sesuatu yang baru dalam bermusik. Terbukti dari puluhan karya yang dia rilis, hampir semuanya memiliki pendekatan dan cerita yang berbeda. Itu jugalah yang terjadi dalam proses penulisan EP terbarunya ini. Dia mengatakan bahwa itu merupakan hal yang selalu dia lakukan, menantang dirinya untuk melakukan sesuatu yang baru.

“Sebagai seorang artis, aku tidak mau ‘stuck’ begitu saja dengan karyaku sebelumnya. Aku ingin berubah menjadi lebih baik dan memotivasi diriku sendiri untuk berkembang. Aku tidak bisa diam saja. Jadi, aku menggunakan kesempatan ini untuk menantang diriku dan melakukan sesuatu yang memotivasiku dan mungkin memotivasi orang lain juga,” pungkasnya.

Simak obrolan lengkap Creativedisc bersama Rita orang lewat video dan podcast di bawah ini:

Interview dan teks oleh Dundhee Yuwono.

Thank you to Sony Music Indonesia.

welly
More from Creative Disc