CreativeDisc Exclusive Interview With Ellie Goulding: Bagi Waktu Untuk Keluarga dan Musik

Oleh: jeni - 10 Apr 2023

Penyanyi asal Inggris, Ellie Goulding baru saja merilis album ke-5, "Higher Than Heaven" pada 7 April 2023. Agak mengejutkan ketika Ellie mengumumkan album baru ini karena ia baru saja menikah dan melahirkan anak pertamanya di tahun 2021 lalu. Dari album ini, Ellie telah melepas 4 buah single, 'Easy Lover', 'Let It Die', 'Like a Saviour' dan 'By the End of the Night'.

Yuk, simak interview Creative Disc dengan Ellie Goulding tentang album barunya dan bagaimana kehidupannya setelah menjadi seorang ibu!

CD    : Hi Ellie! Kamu lagi di mana nih? Jam berapa di sana?
ELLIE    : Hi! Apa kabar? Aku saat ini di apartemenku di London dan masih jam 10 pagi di sini.

CD    : Kamu lagi di tengah-tengah suatu aktivitas lain ataukah hanya dalam rangka interview saja?
ELLIE    : Hari ini hanya interview dengan media saja, dan aku sangat menikmatinya. Seru juga ngobrol dengan banyak orang dari berbagai belakan dunia. Ini cukup mengingatkanku bahwa aku masih punya banyak penggemar di seluruh dunia dan engga sabar untuk tour!

CD    : Woow, asik banget! Anyway, Ellie, kami excited banget untuk menyambut album barumu rilis sebentar lagi. Eh tapi kami penasaran deh, kamu kan baru aja melahirkan di tahun 2021 lalu. Orang bilang, 3 tahun pertama itu hal terberat dari menjadi seorang ibu, apalagi ini anak pertamamu. Kok, kamu malah bisa rilis album baru sih? Kok bisa??
ELLIE    : Iya, aku merasa beruntung banget karena banyak orang-orang hebat di sekelilingku. Aku juga punya tim yang semuanya perempuan, dan itu sangat membantu bagaimana mereka memahami posisiku sebagia seorang ibu. Tahun-tahun pertama menjadi seorang ibu memang perjalanan yang luar biasa, banyak ups-and-downs, highs-and-lows. Tapi kemudian ketika aku memutuskan untuk membuat album, aku pikir aku hanya ingin membuat musik yang bersemangat dan menyenangkan. Tanpa disangka-sangka aku hamil dan melahirkan di saat pandemi benar-benar situasi yang engga enak, tapi ketika membuat album baru, aku begitu menikmati dan bersemangat dalam menjalani semua prosesnya.

CD    : Apakah kamu merasakan transformasi dalam bermusik ketika  sebelum dan setelah menjadi seorang ibu?
ELLIE    : Aku sih merasakan memang ada yang beda ya, hanya tepatnya aku engga tahu pasti. Yang jelas, aku merasakan ada perubahan signifikan dengan pola pikirku. Aku merasa seperti bisa melakukan apapun tanpa batas, tiba-tiba aku bisa melakukan hal-hal yang di luar batasku sendiri. Di samping itu, aku juga jadi engga bisa selfish, karena aku harus menjaga seorang bayi kecil. Dan begitupun dalam bermusik, aku merasakan ada perubahan natural, contohnya ketika aku merasa mampu untuk menulis album baru ini.

CD    : Pasti sibuk banget ya waktu nyiapin album ini. Gimana cara kamu membagi waktu antara produksi di studio dengan waktumu bersama keluarga?
ELLIE    : Cukup rumit pada prosesnya. Contohnya saat ini anakku sedang di Science Museum, aku pengen banget ada di sana untuk melihat bagaimana dia menikmatinya, tapi aku harus melakukan interview dengan media hari ini.  Jadi ya, ini benar-benar pertarungan tiada akhir tentang perasaan ingin selalu berada dengan anakku, juga keinginanku untuk bermusik, pekerjaan yang sangat kucintai. Selama ini aku selalu mencari cara untuk membuatnya berjalan beriringan.

CD    : Bagaimana dengan dukungan suami dan keluargamu?
ELLIE    : Suamiku juga sibuk bekerja, tapi kami beruntung memiliki suster yang luar biasa untuk menjaga putraku.

CD    : Arthur pasti sangat merasa beruntuk memiliki ibu sepertimu. Oke, sekarang aku ingin membahas tentang musik barumu. Di awal bulan ini kamu baru saja merilis lagu 'Miracle' bersama Calvin Harris. Ini kan kolaborasi kalian yang ke-3, gimana sih kalian bisa terus terhubung dan menciptakan lagu-lagu baru?
ELLIE    : Kita (Ellie & Calvin) sebenernya sempat hilang kontak selama pandemi, sama lah seperti orang-orang pada umumnya. Calvin juga tinggal di LA sedangkan aku di London, dan kami engga ketemu dalam waktu lama. Aku mengiriminya pesan, dan dia membalas beberapa waktu kemudian dengan sebuah tawaran lagu baru. Jujur saat itu aku belum tau seperti apa ekspektasi yang diharapkan, tapi ketika memutar lagunya, aku tau banget bahwa ini akan menjadi lagu yang keren. Aku kerap menerima banyak tawaran lagu, tapi ada perasaan bahwa ini lagu yang tepat ketika memutar "Miracle" dari Calvin. Somehow, aku sangat percaya pada Calvin, dia jenius. Sangat jarang aku bertemu dengan seseorang yang selalu hebat dalam pekerjaannya.

CD    : Kamu juga baru banget rilis single 'By The End Of The Night'. Lagu itu benar-benar keren, transisinya juga sempurna banget. Ceritain dong bagaimana latar belakang pembuatan lagu ini?
ELLIE    : Ide lagu itu berasal dari Koz (musisi) dan kurasa dia memang stuck di gaya-gaya tahun 80an. Tapi ketika dia datang padaku, musiknya masih tanpa lirik dan melodi. Ketika menulisnya, kami memang merasa satu suara, bahwa aku juga menginginkan sesuatu yang upbeat, sensual dan juga menyenangkan.

CD    : Aku percaya banget lagu ini bakal pecah! Dari semua track di album barumu, lagu mana yang paling memakan usaha dan waktu yang lama untuk membuatnya?
ELLIE    : Lagu "Like A Saviour". Produksinya maju mundur, karena aku cukup picky soal lirik, dan memakan waktu yang cukup lama bagiku untuk menentukan lirik yang paling pas. Tapi pada akhirnya, aku merasa usaha yang kulakukan benar-benar berarti, aku suka banget lagu itu. Untuk lagu-lagu lainnya kurasa cukup berjalan mulus, karena kami juga merasa tidak ingin terlalu bersusah payah untuk waktu yang lama karena lirik atau musiknya.

CD    : Anyway, kamu perform di Kew Gardens, itu tempatnya kan keren banget! Ceritain dong kok bisa memilih lokasi itu?
ELLIE    : Iya! Ide untuk tampil dikelilingi tanaman benar-benar membuatku bersemangat. Ide untuk tampil di sebuah auditorium penuh dengan tanaman hujau benar-benar keren dan ikonik. Kew Gardens adalah tempat yang pas untuk mengapresiasi alam dan apa yang alam berikan untuk kita, mengingat apa yang sekarang terjadi pada alam itu sudah sangat mengkhawatirkan. Aku ingin penampilanku di sana menjadi momentum untuk menyadari keajaiban dari alam, yang tidak hanya terlihat indah tapi juga keren.

CD    : Banget. Keren banget. Kamu juga menyebutkan kalau ada 2 tempat yang membuatmu merasa 'hidup', yaitu di atas panggung dan di alam. Kamu suka melakukan aktivitas outdoor di alam?
ELLIE    : Iya, aku suka berjalan kaki di alam. Aku biasanya ajak anakku jalan-jalan bareng dan aku suka banget ketika melihat dia mengalami atau melihat sesuatu untuk pertama kalinya.

CD    : Keren! Oke Ellie, terima kasih udah meluangkan waktumu untuk mengobrol dengan kami. Semoga sukses untuk promosi dan album barumu.

Simak interviewnya berikut ini:

Dengarkan album "Higher Than Heaven" :



Thanks to: Universal Music Indonesia

jeni
More from Creative Disc