Loreen dari Swedia Berhasil Rebut Piala Eurovision Song Contest 2023

Oleh: riadini - 14 May 2023

Grand final Eurovision 2023 telah usai digelar pada Sabtu malam (13/5), waktu setempat di Liverpool. Kompetisi lagu internasional yang diselenggarakan setiap tahun oleh European Broadcasting Union ini pun telah menemukan jawara yakni Loreen yang berasal dari Swedia. Loreen berhasil memukau penonton dengan lagu hitnya 'Tattoo' dan mengumpulkan total 583 poin yang mengesankan.

Loreen sebelumnya telah memenangkan kontes yang sama di tahun 2012 dengan lagunya yang menduduki puncak tangga lagu 'Euphoria', dan kemenangan tahun ini menjadi kemenangan yang kedua kalinya. Dia pun bergabung dengan Johnny Logan dari Irlandia sebagai satu dari hanya dua orang yang pernah memenangkan Eurovision sebanyak dua kali.

Kemenangan Loreen juga menjadi kemenangan ketujuh Swedia dalam kompetisi tersebut, mengikat mereka dengan Irlandia sebagai negara tersukses dalam sejarah Eurovision.

Meski tidak memenangkan posisi teratas, Finlandia terbukti menjadi favorit penggemar dan mengamankan posisi kedua dengan 526 poin yang mengesankan. Noa Kirel dari Israel juga menunjukkan penampilan yang kuat, dan berhasil menduduki posisi ketiga.

Beberapa minggu sebelumnya, tepatnya di akhir April, Raja Charles III dan Queen Camilla turut menyambut Eurovision 2023 yang menjadi pertama kalinya diadakan di Inggris sejak 1998 silam. Keduanya melakukan perjalanan ke M&S Bank Arena untuk mengungkap tahap kompetisi, di mana mereka bertemu dengan co-host Julia Sanina dan Hannah Waddingham serta komentator BBC Rylan Clark dan Scott Mills. Tak ketinggalan, Princess of Wales, Kate Middleton juga memberikan kejutan untuk ajang kompetisi lagu bergengsi di Eropa tersebut.

riadini