CreativeDisc Exclusive Interview With Isaac Hong: Musisi Korea Selatan Yang Senang Bercerita Secara Subtil Lewat Musiknya

Oleh: luthfi - 15 Jun 2023

Isaac Hong menempuh jalur layaknya musisi Korea Selatan pada umumnya. Ia mengikuti acara pencarian bakat, lalu memulai karirnya sebagai solois dan mengisi banyak soundtrack drakor (drama korea). Karirnya sebagai artis melejit melalui film musikal “Da Capo” dimana ia menjadi aktor sekaligus pembuat soundtrack film yang sering dinobatkan sebagai “Sing Street” versi Korea Selatan. Karena sering membuat soundtrack untuk berbagai macam drakor dan film ia sangat paham membuat cerita dalam sebuah lagu meski lagu tersebut tidak memakai banyak lirik dan terkadang hanya berupa karya instrumental.


Kepiawaiannya dalam bercerita semakin diamplifikasi dalam rilisan kolaborasinya bersama pianis jazz dan new age Chin Sooyoung lewat EP “everland” yang menunjukkan kemampuan mumpuni dari kedua musisi ini dimana Hong dengan lembut bernyanyi sambil menjadi sutradara dan aktor dari cerita yang ingin ia sampaikan dan Sooyoung yang memainkan musik jazz lirih dengan selipan mood dari musik ambient dan new age untuk menguatkan emosi dari cerita Hong.


Meskipun terdengar ambisius dari segi musik namun proyek kolaborasi ini muncul secara tidak sengaja. “Pada awalnya kami dikenalkan oleh teman fotografer kami yang sudah memotret kami berdua secara terpisah. Lalu teman kami ini memberikan ide ‘kayaknya kalian berdua harus bikin musik bareng deh’, ketika kami berdua bertemu kami ternyata mempunyai referensi musik yang sama dan akhirnya kami jamming terus-terusan selama tiga bulan. Ketika kami sering jamming ternyata banyak materi yang bisa dituangkan menjadi sebuah album dan hasilnya adalah EP ini.”, ungkap Hong ketika ditemui melalui Zoom.


Isaac Hong sendiri banyak terbantu oleh proyek soundtrack yang ia kerjakan waktu mengerjakan EP ini terutama ketika di proyek “Da Capo”. Ia berkata bahwa proses mengubah cerita menjadi sebuah karya lagu dan instrumental sangat membantunya dalam proyek “everland” ini. Lewat “everland” bersama Chin Sooyoung, Isaac berhasil membawa musiknya ke derajat yang lebih tinggi lagi sambil mempertahankan ciri khasnya dalam bercerita kali ini dengan rasa yang lebih subtil.
Simak wawancara CreativeDisc bersama Isaac Hong dimana kami bercerita soal musik, film “her”, kolaborasinya bersama Chin Sooyoung dalam EP “Everland” dan cerita pencerahannya terhadap bercerita ketika mewawancarai sutradara Baz Luhrmann (Elvis, Moulin Rogue!, The Great Gatsby, Romeo + Juliet) lewat video di bawah ini:



luthfi
More from Creative Disc