Dinilai Menyanyikan Tanpa Izin, Agnez Mo Disomasi Pencipta Lagu 'Bilang Saja'

Oleh: riadini - 04 May 2024 | Views: 7

Kabar kurang mengenakkan datang dari Agnez Mo.

Penyanyi tanah air yang kini menetap di Los Angeles, Amerika Serikat, tersebut baru saja mendapat somasi terbuka yang dilayangkan kepadanya dan juga pihak penyelenggara konser oleh pencipta lagu 'Bilang Saja,' Ari Bias.

Pasalnya, penyanyi 37 tahun ini diketahui telah membawakan lagu tersebut tanpa izin dalam konser tiga kota yakni Surabaya, Bandung dan Jakarta yang dihelat oleh HW Group pada bulan Mei 2023 lalu.

"Itu lagu 'Bilang Saja' yang dinayanyikan di tiga kota oleh Agnes Monica (Agnez Mo). Itu sebagai bukti kalau lagu saya dinyanyikan di tempat itu dan tidak ada izin dan tidak ada pembayaran ke LMKM (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional) selama satu tahun saya tunggu," kata Ari Bias di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis, 2 Mei 2024.

Menurut kuasa hukum Ari Bias, Minola Sebayang, dikarenakan adanya kendala terkait alamat tinggal pasti dari sang pelantun tembang 'Get Loose' tersebut, somasi yang mulanya disampaikan secara tertutup pun kini disampaikan secara terbuka. 

attachment

Minola Sebayang meminta Agnes Mo dan HW Group segera membayarkan biaya penalti atas pelanggaran membawakan lagu Bilang Saja saat konser sebanyak tiga kali tanpa izin. Karena satu lagu dihargai Rp 500 juta, maka total yang harus dibayarkan adalah Rp 1,5 miliar.

"Dalam somasi ini kami meminta mereka untuk segera melakukan kewajiban membayar penalti atas pelanggaran menggunakan lagu tanpa izin secara komersil dalam konser sebanyak tiga kali. Dengan penalti masing-masing sebesar Rp 500 juta. Jadi tiga konser artinya ada Rp1,5 miliar," ujar Minola Sebayang. "Rp 1,5 miliar yang harus dibayarkan ini menurut Ari sangat relevan karena melihat honor manggungnya Agnez Mo juga cukup besar gitu ya. Jadi ini dianggap masuk akal, apalagi sudah setahun lamanya."

Sebelum melayangkan somasi, Ari Bias sempat meminta direct license kepada Agnez Mo, namun penyanyi tersebut tidak memberi respons.

 

 

riadini