Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Paula Abdul
Time Tunnel

Time Tunnel: Paula Abdul 

PhotobucketTerlahir tgl 19 Juni 1962, Paula Abdul mulai belajar menari sejak umur 8 thn di San Fernando Valley, Los Angeles, California. Sebagai mahasiswi baru di kampusnya, Paula ikutan audisi utk menjadi cheerleader utk team basket NBA, Los Angeles Lakers dimana akhirnya dia terpilih dari 700 org yg mendaftar dan gak lama kemudian dia menjadi kepala koreografer tim cheerleader LA Lakers. Bakatnya ini pun mulai diendus oleh The Jacksons yang akhirnya memilih Paula utk mengkoreografi mereka di Video Clip “Torture”. Kesuksesannya ini sekaligus melambungkan namanya di dunia profesional, dimana dia menjadi asisten dance director utk tur konser Victory milik Jackson di thn 1984. Salah satu proyeknya adalah membuat koreografi baru utk Video Janet Jackson di album “Control”. Dance routine yg di karangnya ternyata membuat karir Janet Jackson melesat naik, dan akhirnya permintaan akan koreografi2 khusus untuk Music Video semakin berdatangan. Selain itu, Paula juga muncul di acara TV, Tracy Ullman Show.

“Forever Your Girl”
Akhirnya, di thn 1987 utk pertamakalinya, Paula mengejar impiannya di dunia tarik suara dgn merekam demo single ‘Forever Your Girl’ yg membuat dia di kontrak oleh label Virgin, yang merelease debut albumnya, di bulan Juni 1988. Sayangnya, 2 single pertamanya yaitu ‘Knocked Out’ dan ‘(It’s Just) The Way That You Love Me’ Tidak begitu sukses di Pop Charts namun berhasil masuk Top 10 R&B Hits. Baru kemudian, single ketiganya ‘Straight Up’ yg melejit menjadi jawara dimana2. Bisa jadi karena Paula sendiri tidak punya kekuatan Vocal yg luar biasa, tapi keistimewaanya dalam menari dan didukung oleh era Music Video yg dikala itu yang emang lagi booming dan efek visual yg dibawakan oleh Paula bikin semua org suka, dan Arsenio Hall, seorang Host Talk Show yg terkenal waktu itu jg menjadi model Video Clipnya. So. Setelah 62 minggu di Chart, akhirnya Album debutnya “Forever Your Girl” menjadi #1 di Album Chart! Wah, perjuangan yg berat emang. Debut albumnya ini akhirnya laku sebanyak 8 juta keping di seluruh dunia.

‘Spellbound’
Album kedua Paula, “Spellbound” di release bulan Mei 1991 dan langsung menjadi #1 dgn 2 single Jawara yaitu “Rush Rush” and “The Promise of a New Day,”. Ini tak lepas juga berkat Video Clip “Rush Rush” yg menampilkan Keanu Reeves. Sayangnya Rekor 8 single yg masuk Top 10 Single Paula dipatahkan oleh single ke-4 nya yaitu “Vibeology” yg hanya masuk di urutan Top 20. Album ini berhasil terjual 8,5 juta keping di seluruh dunia dan menjadi album terlaris Paula Abdul.
Sayangnya semenjak itu, karirnya makin merosot, Album ke-3 nya “Head Over Heels” yg rilis thn 1995 menerima banyak review negatif yg akhirnya hanya bisa berada di #18 Albums Chart, dgn single pertama “My Love Is For Real” yg hanya berada di #28. Salah satu kritiknya adalah cover album hitam putih yang dianggap menjiplak Janet Jackson. Penjualannya pun hanya berkisar 500rb keping dgn predikat Gold. Kegagalan ini makin menciutkan niat Paula utk bermusik lagi, padahal di thn 1997, Paula kerja bareng Kara DioGuardi utk single “Spinning Around” yg sejatinya dibuat sebagai comeback singlenya yg akhirnya tertunda trus dan single itu diberikan kpd Kylie Minogue dimana single itu membuat nama Kylie terangkat kembali di thn 2000.

Tahun 2002, utk pertamakalinya Paula tampil di publik dgn menjadi salah satu dari 3 juri American Idol. Jelas ini membangkitkan kembali lampu sorot ke arah Paula. Paula selama karirnya dalam American Idol dikenal sebagai sosok yang membangkitkan semangat peserta di saat mereka mendapatkan komentar negatif dari juri lain. Meskipun komentar Paula dinilai sangat sering berulang, tapi paling tidak Paula benar2 memberikan dampak positif pada psikologis peserta. Dan dari acara inilah, Kelly Clarkson, Ruben Studdard, Fantasia, Carrie Underwood, Taylor Hicks, Jordin Sparks, David Cook, dan Kris Allen tumbuh bersama komentar, kritik, pujian, dan sanjungan Paula Abdul, Simon Cowell, dan Randy Jackson.

Tapi enggak semua mulus. Ada beberapa berita miring dalam perjalanan karir Paula bersama American Idol. Di musim ke-2-nya, salah satu finalis bernama Corey Clark harus didiskualifikasi berhubung dengan hubungan khususnya dengan Paula Abdul. Tapi Paula membantah seluruh pernyataan Corey tentang affair tersebut. Fox sendiri menyatakan bahwa alasan keluarnya Corey dari acara tersebut bukanlah affair, tapi berhubungan dengan kasus kriminal masa lalunya yang tidak dia laporkan pada Fox. Dan di tahun 2008, musim ke-7 Top 5. Seluruh peserta tampil membawakan lagu dan dikomentari secara bersamaan. Dan Paula mengomentari lagu kedua Jason Castro padahal dia belum menampilkannya. Spekulasi bahwa acara ini ternyata berdasarkan skrip atau Paula sedang mabuk dibantah oleh Ryan Seacrest dan menyatakan bahwa Paula mendengarkan mereka saat latihan dan dia harus memberi komentar tentang kedua penampilan para finalis.

Sejalan dengan Idol juga, Paula nyambi untuk menaikkan karir musiknya. Di tahun 2007 dia merilis album Greatest Hits : Straight Up! bersama Virgin Records. Dan di tahun 2008 dia menjadi guest vocalist untuk single Dance Like There’s No Tomorrow dalam album Randy Jackson’s Music Club Volume 1. Dan hasilnya luar biasa. Single ini berhasil jadi juara di iTunes dan runner up untuk US Dance chart. Dan satu lagi yang terakhir, “I’m Just Here For The Music” debut di KISS FM tanggal 5 Mei dan ditampilkannya dalam ajang American Idol di tanggal 6-nya. Dirilis ke iTunes di 8 Mei.

Karir juri-nya berhenti tepat saat sang manajer David Sonenberg interview di LA Times tanggal 8 Juli 2009. Statement-nya : “Very sadly, it does not appear that she’s going to be back on ‘Idol’.“. Dalam Twitternya, Paula memberikan tweet yang benar2 inspirational. “I’m actually moved to tears upon reading the enormous amount of tweets showing me your kindness, love, & undying support. God bless all of you!,” dan, “If it weren’t for you, this specific time and situation would feel a whole lot worse!”. Dan di tanggal 9 September baru diumumkan bahwa pengganti Paula sebagai juri di Idol adalah Ellen DeGeneres.
Penampilan major Paula Abdul setelah mundurnya dari Idol adalah di ajang VH1 Divas. Selain jadi host, dia juga menampilkan medley “Straight Up”, “Cold Hearted”, “Opposites Attract”, dan “Forever Your Girl”. Hentakan berikutnya adalah, Paula ikutan dalam proyek baru Simon Cowell di Amerika, yaitu X-Factor yang masih akan ada di FOX gantian setelah American Idol tidak tayang.

Ya kalaupun mencetak hit seperti dulu seems so hard, paling tidak dia masih bisa menjadi bintang televisi. Dan kalaupun itu juga masih sulit, kembali ke profesi asal sebagai sebagai koreografer pun pasti lebih menjanjikan! Bravo Paula!

Trivia :
1. Selain ‘Spinning Around’, ternyata Paula dan Kylie suka rebut2an lagu. ‘I’m Just Here For The Music’ juga ternyata salah satu unreleased song dari album Kylie ‘Body Language’.
2. Satu lagi dari Paula vs Kylie. Di awal tahun 2009, single baru Paula premir di acara MTV “RAH!” berjudul Boombox yang merupakan cover dari lagunya Kylie Minogue juga.
3. Love life Paula enggak begitu mulus. Nikah dengan Emilio Estevez di April 92 dan cerai di Mei 94. Nikah dengan Brad Beckerman di 1996 dan cerai di 1998. Hubungannya dengan JT Torregiani sejak 2007 juga harus berakhir di 2008 karena masalah ‘kesibukan’.
4. Dua kali meraih Emmy untuk Outstanding Achievement in Choreography. Tahun 1989 untuk The Tracey Ullman Show dan 1990 untuk 17th American Music Awards.

Single Jawara Paula Abdul:
* 1988 – “Straight Up” – #1
* 1989 – “Forever Your Girl” – #1
* 1989 – “Cold Hearted” – #1
* 1989 – “Opposites Attract” with Wild Pair – #1
* 1991 – “Rush Rush” – #1
* 1991 – “The Promise of a New Day” – #1

Discography Album Paula Abdul:
– Forever Your Girl (13 Juni 1988) 8 juta
– Spellbound (14 Mei 1991) 8,5 juta
– Head Over Heels (13 Juni 1995) 500ribu

Review By Welly feat.Ai Hasibuan

Related posts

Leave a Reply

windows 10 pro kaufen office 2019 pro kaufen office 365 pro kaufen windows 10 home kaufen windows lizenz kaufen instagram follower kaufen tiktok follower kaufen windows 10 pro satın al office 2019 pro satın al office 365 pro satın al windows 10 home satın al windows lisans satın al windows 10 satın al