Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Breathe
Time Tunnel

Time Tunnel: Breathe 

Image and video hosting by TinyPicDibentuk pada tahun 1984 dengan nama awal Catch 22, semua membernya berjumlah 5 orang dan merupakan teman dari masa kecil mereka di Yateley School. Mereka sering manggung di cafe2 lokal degan membawakan lagu2 cover version maupun milik mereka sendiri, antara lain Breathe, In All Honesty, the Guilt Inside, On Your Own dan Stay dan setelah mereka lulus dari sekolah, pemain bass mereka yang bernama Phill Harrison memutuskan untuk keluar dari group tersebut dan bergabung dengan Fire Brigade sehingga hanya tinggal mereka berempat sehingga mereka memutuskan untuk berganti nama menjadi Breathe.

Di tahun 1984, personil Breathe yang waktu itu terdiri dari lead vocal David Glasper, gitaris Marcus Lillington, drummer Ian “Spike” Spice dan bass gitaris Michael “Mick” Delahunty mulai rekaman beberapa demo dan akhirnya sampai ke Siren Records dan dari situlah mereka mendapatkan kontrak rekaman dengan A & M Records. Sebagai catatan,mereka juga mendapatkan comment positive dari beberapa nama terkenal seperti George Michael, Boy George, Mick Hucknall dan Paul Young yang menyempatkan diri untuk mennonton live show mereka di London. Kemudian di tahun 1987, mereka merilis album pertama mereka yaitu All That Jazz yang menghasilkan 2 hits ballad, How Can I Fall yang berhasil menduduki posisi 3 di Billboard Hot 100 dan Hands to Heaven di nomer 2 pada tahun 1988 dan juga di posisi 4 UK Singles Chart. Selain itu Hands to Heaven juga mendapatkan posisi dalam Billboard’s 1988 Year End Top 10 di posisi 9. Sedangkan single pertamanya yaitu Don’t Tell Me Lies yg dirilis tahun 1986 hanya berhasil mencapai peringkat 77 di UK Singles Chart. Mereka juga mendapatkan kesempatan untuk menjadi special guest dalam tour UK Belinda Carlisle untuk mensupport dan mempromosikan All That Jazz. Saya pribadi selain suka dengan group ini karena vokalisnya yang ganteng juga suka dengan warna musiknya yang sedikit jazzy dan lagu favorit saya selain Hands to Heaven dan How Can I Fall adalah All That Jazz dan Monday Morning Blues. Album pertama Breathe ini berhasil menduduki posisi 22 di UK Albums Chart dan posisi 34 di US Album Chart. Single berikutnya yang akan dirilis dari debut album mereka adalah Jonah dan All This I Should Have Known.

Di tahun 1988, bassist Michael Delahunty keluar dari Breathe disaat mereka hampir mencapai puncak kesuksesan dan ketiga personilyang masih tinggal memutuskan untuk tetap melakukan promo album dan singles yang kemudian juga merilis album kedua mereka yaitu Peace of Mind di awal tahun 1990. Hanya 3 single yang dirilis dari album ini yaitu Say Hello, Say A Prayer dan Does She Love That Man dan sayang sekali abum kedua mereka ini tidak terdengar sama sekali dan mungkin bisa dikatakan gagal dan tidak sesukses album pertama mereka. Angka penjualan yang rendah untuk Peace of Mind menjadi penyebab tidak suksesnya album tersebut selain lagu2 mereka juga tidak banyak diputar di stasiun2 radio sehingga akhirnya mereka memutuskan untuk bubar karena beberapa dari perusahaan rekaman besar menunjukkan ketidak tertarikannya untuk mempromosikan mereka.

Sementara itu menurut salah satu website Breathe yang sekarang sudah tidak aktif lagi, drummer mereka yaitu Ian Spice meninggal dunia di tahun 2000 tetapi tidak ada keterangan lebih lanjut dan detail mengenai sebab meninggalnya. Sedangkan sang vokalis David Glasper mulai kembali aktif di dunia musik dengan 2 demo lagu yaitu Turbulent Skies dan If Only I Could yang bisa didengarkan di account MySpace resminya sedangkan gitaris Marcus Lillington dan bassist Phill Harrison yang keluar di awal karir Breathe sekarang bergabung dalam band yang sama yaitu Stroke the Toad.

Albums
* All That Jazz – (1988)
* Peace of Mind – (1990)
* Best of Breathe – (2004)

(Lendy / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply