Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Billy Gilman
Time Tunnel

Time Tunnel: Billy Gilman 

Image and video hosting by TinyPic“Some kids have and some kids don’t, and some of us are wondering why”

Itu tadi sedikit potongan lirik dari single paling sukses dari seorang Billy Gilman. Lagu itu dirilisnya pada saat usianya masih 12 tahun. Lagu ‘One Voice’ ini sangat sukses atas keberadaannya di Top 20 chart country Billboard sehingga menjadikan Billy sebagai penyanyi termuda yang berhasil tercatat dalam sejarah Top 40 chart tersebut. Enggak tanggung-tanggung, di Grammy Awards ke-43 pun Billy dinominasikan sebagai Best Male Country Vocal Performance dan Best Country Song untuk lagu tersebut. Sebuah prestasi yang enggak hanya luar biasa bagi seorang pendatang baru, tapi juga bagi seorang anak laki-laki yang baru berusia 12 tahun. Wow!

Billy Gilman bernama asli William Wendell Gilman III. Dilahirkan di Westerly, Rhode Island pada tanggal 24 Mei 1988. Billy memang lahir berbakat, buktinya sejak duduk di bangku sekolah, dia sudah mulai bernyanyi. Dan penampilannya di depan umum adalah saat masih SD, usia 7 tahun. Dan keberuntungan berpihak padanya saat usianya menginjak 9 tahun. Bakatnya disadari oleh Ray Benson, anggota band Asleep At The Wheel, band country yang memenangkan 9 buah piala Grammy. Ray pun membantunya untuk membuat demo, yaang al hasil memenangkan kontrak dengan label besar, Epic Records Nashville di tahun 2000. Berselang 3 hari dari ulang tahun ke-12-nya, debut single ‘One Voice’ pun dirilis dan sangat sukses di chart. Suara angelic yang dimiliki oleh Billy benar-benar mempesona, dan kita dibuai dalam lantunan merdunya. Dan sebulan kemudian, debut album berjudul sama, “One Voice” pun dirilis. Album ini berhaisl peak di posisi 2 Billboard 200 Albums, dan berhasil meraih sertifikat double platinum. Kalau dia memang punya hit country, album ini tidak hanya mengemas suara merdunya itu ke dalam rekaman yang hanya country. Karena album ini juga berisi track dengan genre pop, pop rock, akustik, dan jazz. Enggak lama berselang, di akhir tahun 2000 Billy merilis album Natal yang dikasih judul “Classic Christmas”. Album ini pun laris manis di pasaran. Masuk ke Top 3 Billboard Top Holiday Albums dan mendapat sertifikat emas oleh RIAA. Album ini juga memuat duetnya bersama Charlotte Church di lagu ‘Sleigh Ride’.

Image and video hosting by TinyPicIni bisa jadi puncak masa jaya Billy. Dirinya dinobatkan sebagai penyanyi termuda yang punya album nomor 1 di country chart oleh Guinness, nominasi Grammy, dan penampilan-penampilan penting seperti tribute untuk Raffi dan Michael Jackson. Di tahun berikutnya, Epic merilis album yang lebih terfokus pada musik country yang memang telah membuahi hit bagi Billy. Album “Dare To Dream” pun dirilis. SIngle dari album ini, ‘She’s My Girl’ dan ‘Elisabeth’ dianggap gagal atas performa di chart, namun albumnya bisa menyamai rekor penjualan album Natal-nya dengan sertifikat emas dari RIAA. Dia juga muncul di single ‘Dream A Dream’ milik Charlotte Church dari album Natal Charlotte yang kemudian diklaim sebagai album Natal dengan penjualan terbaik di US pada tahun 2000. Tapi sayangnya, nama Billy mulai tenggelam sejak ini. Album berikutnya “Music Through Heartsongs: Songs Based on the Poems of Mattie J.T. Stepanek” yang dirilis pada 15 April 2003 adalah album dengan penjualan yang semakin melesu. Hingga akhirnya Epic mengambil keputusan untuk melepas Billy dari naungan mereka. Album ini memuat lagu-lagu dari puisi karya Mattie Stepanek, seorang pujangga yang meninggal akibat penyakit muscular dystrophy (kerusakan jaringan otot), hingga akhirnya Billy dinobatkan sebagai Duta Celebrity untuk Muscular Dystrophy Association sebagai kerja sosialnya.

Entah itu karena suaranya yang semakin serak dan pecah akibat usia, atau memang keberuntungan sudah menjauh darinya. Meskipun dia masih sanggup menjadi artis rekaman lewat label independen, tapi namanya semakin lama semakin tenggelam. Album “Everything And More” juga “Billy Gilman” yang dirilis berturut-turut di tahun 2005 dan 2006 oleh Image Entertainment melempem. Penjualan dari album ke album semakin menurun. Dan nama Billy Gilman pun seolah lenyap dari permukaan. Padahal kedua album ini masih bercorak country, genre yang selama ini bisa mengantarkan sukses baginya. Tapi, semangat Billy untuk tetap menjadi artis rekaman enggak surut. Buktinya, Billy di tahun 2007 dan 2008 merilis single ‘Cyring’ dan ‘When You Come Home’. Dia termasuk artis yang bisa diklasifikasikan dalam “cepat timbul cepat tenggelam”. Tapi tetap berkesan saat sekarang ini kalau kita mendengarkan rekamannya, seperti ‘One Voice’, ‘Oklahoma’, atau ‘Dream A Dream’. He was a special kid with an angelic voice.

Official Website Billy Gilman

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Image and video hosting by TinyPic

Discography:
2000 One Voice
2001 Dare to Dream
2003 Music Through Heartsongs
2005 Everything and More
2006 Billy Gilman

Related posts

Leave a Reply