"Salam Alaikum, Jakarta!" Wawancara Eksklusif Bersama Harris J

Oleh: noverdy - 11 Dec 2015

Harris J., pemuda Muslim berdarah India-Irlandia asal Inggris ini baru berusia 18tahun. Harris baru saja lulus dari BRIT School of Performing Arts pada bulan Juli 2015 lalu. Setelah memenangkan The Awakening Talent Contest pada tahun 2013, Harris dikontrak oleh Awakening Records dan merilis album "Salam" beberapa bulan yang lalu.

Dalam rangka mempromosikan album Salam dan ikut memeriahkan acara Jakarta Islamic Fair 2015, Harris hadir di kota Jakarta. Creative Disc sempat mewawancarai Harris beberapa saat yang lalu. Berikut wawancara kami dengan Harris J.

Apa kabar?

HJ: Baik…

Bagaimana kesan pertama kamu tentang Indonesia dan fans disini?

HJ: It is very nice, awalnya aku nggak tahu harus expect apa dan agak ngeri juga untuk orang semuda saya untuk travel kesini dan sejauh ini sendirian untuk pertama kali, tapi orang-orang disini sangat supportive dan menyenangkan. Alhamdulillah saya mendapat support dari mereka (fans) dan saya senang banyak orang yang mau bertemu saya.

Apa saja kegiatan selama di Indonesia?

HJ: Ratusan interviews, tampil di beberapa stasiun televisi dan memenuhi undangan untuk tampil di Jakarta Islamic Fair 2015.

Sudah mencoba makanan khas Indonesia?

HJ: Ya, saya sudah mencoba sop buntut dan sate ayam. Favorit saya sate dan bumbu kacangnya..

Saya sangat suka lagu Salam Alaikum karena liriknya mengandung pesan-pesan positif, bisa ceritain sedikit proses kreatif di balik penulisan lagu itu?

HJ: Di balik lagu itu ada influence besar dari seorang Maher Zain. Melodi lagu tersebut datang dari Maher. Kami punya teman bernama Paddy, dia bukan Muslim, tapi kami ceritakan ide kami ke Paddy. Alhamdulillah terciptalah lirik indah untuk lagu tersebut.

Harris J 02

Apakah ada kesulitan untuk merilis album "Salam" di negara kamu karena kamu Muslim?

HJ: Tentu saja ada, agak susah untuk menembus dan menandingi musik Barat di sana, mengingat mereka mempunyai opini tersendiri tentang Islam. It’s being misportrait in media. Dan kita bisa berusaha merubah opini mereka dengan mengatakan bahwa “Islam is about peace, tapi saya hanya seorang pemuda dan mungkin tidak akan ada yang mendengar opini saya. Tapi Insya Allah saya akan menyebarkan kebaikan Islam sebanyak yang saya tahu.

Saya menonton video lirik lagu I Promise dan sempat meneteskan air mata. Seberapa dekat kamu sama orangtua kamu?

HJ: Sangat dekat, we’ve been through a lot. Mereka sangat suportif dengan berbagai kegiatan saya baik itu sepakbola, nyanyi, maupun akting. Insya Allah saya bisa belajar banyak dari mereka.

Bagaimana rasanya sering dibandingkan dengan Justin Bieber dan bahkan ada yang menyebut kamu sebagai Islamic Justin Bieber?

HJ: Bahkan sebelum aku mulai nyanyi, banyak orang yang bilang bahwa kami mirip. Mungkin karena penampilan saya agak mirip Justin. Untuk ukuran seorang artis, Justin sangat sukses, saya tersanjung kalau dibandingkan dengan dia. Namun tujuan saya untuk bermusik mungkin agak berbeda dari Justin dan saya akan berusaha untuk menunjukkan ciri khas saya sendiri dalam bermusik.

Siapa panutan kamu dalam bermusik?

HJ: Banyak sekali, di antaranya artis-artis Awakening seperti Maher dan lain-lain, dan juga beberapa artis di luar Awakening Records.

Apa saja kegiatan kamu sehari-hari di waktu senggang?

HJ: Normal saja seperti remaja umum lainnya, makan, main facebook dan melakukan hal-hal normal lainnya.

Apa makanan Irlandia dan India favorit kamu?

HJ: Kalau makanan Irlandia saya suka apa saja yang berbahan dasar kentang, kalau makanan India, saya suka kare. Nenek saya dulu pernah mengajarkan bagaimana cara memasak kare waktu saya masih kecil.

Bisa sebutin 5 hal yang kamu suka dan tidak suka?

HJ: Saya suka: olahraga, menulis, menyanyi, akting, dan fashion.

Saya tidak suka: sayur, anjing, badut, nyamuk dan ular.

Bisa sebutin 5 hal yang kita nggak tahu tentang kamu?

HJ: Saya lebih suka nyanyi di hadapan penonton yang lebih banyak, saya malah nggak nervous.

Saya nggak nervous dan merasa nyaman kalau keluarga saya hadir untuk menonton saya tampil di panggung.

Saya ingin berakting di iklan, di film, kalau bisa komedi atau drama.

Saya bisa bermain gitar dan piano.

Saya ingin belajar main ukulele dan biola suatu hari nanti.

Thank you, Harris buat waktunya..

HJ: Thank you..

Seru banget bisa ngobrol bareng Harris J yang ternyata sangat berbakat dan sangat passionate kalau sudah berbicara tentang musik maupun tentang Islam. Semoga saja Harris J. bisa menggelar konser atau showcase di Indonesia dalam kunjungan berikutnya ya!

Special Thanks to Warner Music Indonesia

Ivy Agrina

CreativeDisc Contributor

@poisonivy274

noverdy
More from Creative Disc