Trending News

Blog Post

17 Sweet 17 Albums in 2017
Top 10 Lists

17 Sweet 17 Albums in 2017 

14. Whitney: The Greatest Hits (16 Mei)

Sejak berkarir dari 80-an, ternyata tahun 2000 adalah kali pertama Whitney Houston merilis album kompilasi lagu-lagu terbaiknya. Ia merilis album ini dalam format dua disc, dimana disc pertama terdiri dari lagu-lagu bertemakan cool down, dan disc berikutnya throw down. Tiga single baru yang dirilis dari album ini merupakan duetnya dengan penyanyi lain. Meskipun bukan materi baru, tapi versi baru untuk ‘Could I Have This Kiss Forever’ (duet dengan Enrique Iglesias) dan ‘If I Told You That’ (duet dengan George Michael) adalah andalan yang tepat untuk kompilasi yang sudah terjual sebanyak 18 juta kopi di seluruh dunia ini. Balada ‘Same Script Different Cast’ merupakan duet lain yang menjadi single di album ini, dimana ia beradu vokal dalam drama cinta bersama Deborah Cox.


15. I Wanna Be With You – Mandy Moore (9 Mei)

Album perdana “So Real” tampaknya memiliki sukses yang cukup hingga akhirnya Epic Records merilis album kedua Mandy Moore dalam jarak yang cukup dekat dengan album perdananya. Setengah dari isi album ini merupakan lagu-lagu yang berasal dari album pertamanya tersebut, dengan single andalan ‘I Wanna Be With You’ yang juga dipakai untuk soundtrack film “The Center Stage”, peak terbaik bagi single Mandy di chart Billboard Hot 100. Album ini merupakan jawaban atas keraguan publik terhadap eksistensi Mandy yang dinilai hanya sebagai artis semusim saja, mencatat peak terbaik kedua bagi Mandy di chart Billboard setelah album “Coverage” yang diproduksi pada tahun 2003.


16. Kid A – Radiohead (2 Oktober)

Kembali ke salah satu unggulan Grammy untuk Album of the Year, album studio keempat band asal Inggris, Radiohead ini merupakan sebuah masterpiece. Dicatat oleh Rolling Stone, Pitchfork, dan juga Times sebagai album terbaik di dekade 2000-an, “Kid A” akhirnya mendapat peringkat yang cukup tinggi dalam daftar album terbaik sepanjang masa. Rangking 67 dari 500! Album ini memang tidak memiliki single, bahkan yang bisa ngehit banget seperti ‘Karma Police’ dari album sebelumnya “OK Computer”. Satu-satunya yang charting adalah ‘Optimistic’ yang mencapai posisi 10 di chart Alternative Songs di US. Tapi kenyataan tersebut tidak sedikitpun mengurangi kesuksesan mahakarya ini.


17. Oops!… I Did It Again – Britney Spears (16 Mei)

Daftar ini harus kita sudahi dengan album yang pencapaiannya pun fenomenal saat dirilis di pertengahan tahun 2000 lalu. Penjualan yang menyentuh angka 1,3 juta kopi di pekan pertamanya di Amerika, membuat album kedua dari Britney Spears ini sebagai album artis wanita dengan penjualan terbaik di pekan pertamanya. Rekor yang Britney pegang selama kurang lebih 15 tahun tersebut lagi-lagi terkalahkan oleh Adele, yang album “25”-nya bisa lagu sebanyak 3,38 juta kopi. Album ini merupakan album kedua Britney yang bersertifikasi Diamond di US setelah “…Baby One More Time”. Pencapaian yang sungguh luar biasa dari artis pendatang baru di masa tersebut.


So, what’s your most favorite album yang merayakan ultah Sweet 17-nya tahun ini? Di tahun 2000 juga masih banyak popstar yang merilis album yang cukup berdampak di industri musik seperti boyband 98 Degress untuk album “Revelation”, Westlife untuk album “Coast to Coast”, dan juga Human Nature yang merilis selftitled album mereka. Selain itu, album konsep Joni Mitchell “Both Sides Now” pun dirilis pada tahun yang sama, dimana ia berhasil memenangkan dua buah Grammy dari album tersebut. Album kedua Aqua, Billie Piper, dan A1 pun dirilis pada tahun 2000.

Teks:
Ai Hasibuan

Related posts

Leave a Reply