CreativeDisc Exclusive Interview With Biru Baru: Band Ethnic Art Pop Lokal Yang Semakin Sederhana

Oleh: luthfi - 27 May 2022

Saya menemukan duo art pop lokal Biru Baru secara tidak sengaja ketika saya berada di sebuah media gathering label mereka Juni Records dan mendengar lagu mereka berjudul “Benderang”. Ketika saya mendengarnya ada rasa berbeda dari musisi lokal yang biasa saya dengarkan karena di lagu tersebut mereka memadukan unsur modern indie pop yang ritmis dengan lirik Bahasa Indonesia yang simpel dan tidak pretentious. Keunikan tersebut ternyata terpancar di musik yang mereka suka dan cukup beragam mulai dari Mura Masa, Radiohead sampai Kllo.

Perjalanan duo yang diisi oleh Goldan Tambayong dan Talitha Belinda Esmeralda ini ternyata sudah dimulai dari masa SMA dimana mereka bertemu ketika mereka ditunjuk sebagai Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) untuk sekolah mereka masing-masing dan akhirnya karena kesamaan selera musik akhirnya Biru Baru lahir. Ketika mereka meluncurkan album perdana mereka berjudul “Selamat Datang” di akhir 2020 mereka mendapat sambutan selamat datang yang hangat di skena musik lokal dan salah satu single mereka “Sejenak” berhasil masuk menjadi soundtrack untuk film “Ben & Jodi”.

Meskipun tumbuh dengan selera musik yang ekletik dan berbeda dari orang kebanyakan mereka sendiri malah ingin membuat musik yang simpel agar keunikan mereka bisa dikenal oleh lebih banyak orang. “Jaman dulu, gw kalo bikin musik itu bener-bener ingin terlihat nyentrik, nyeni dan beda lah dari musisi kebanyakan tapi semakin dewasa gw malah menganggap ternyata musik yang simpel dan enak didengar itu jauh lebih menantang untuk dibuat. Dulu kami juga memakai lirik bahasa Inggris di semua lagu kami tapi ternyata menulis pakai lagu Bahasa Indonesia dengan musik yang kami bawakan ternyata jauh lebih seru dan ternyata makin ke sini gw belajar kalau misalnya memakai lirik Bahasa Indonesia dan membuat lagu menjadi sederhana dan simpel itu menurunkan ego kami sebagai musisi dan itu mendewasakan kita juga”, ungkap Goldan melalui wawancara via Zoom.

Mereka tengah mempersiapkan album kedua mereka yang akan menjadi album pertama mereka di Juni Records. Goldan mengatakan kalau misalnya materi album baru nanti akan jauh berbeda dengan single mereka di Juni Records yang terdengar catchy dan sangat pop. Mendengar itu saya semakin tidak sabar bagaimana mereka menjadi sederhana dengan muatan lagu yang kompleks di album terbaru mereka.

Simak wawancara selengkapnya dengan Biru Baru dimana kami bercerita soal awal terbentuknya Biru Baru, mengapa mereka memilih untuk berbeda dengan cara mereka sendiri dan cerita-cerita lucu selama mereka di Biru Baru lewat video wawancara di bawah ini:

luthfi
More from Creative Disc