CreativeDisc Exclusive Interview With Joy Crookes: Sang Pendatang Baru Yang Bersuara Lewat Karyanya

Oleh: cung2 - 05 Aug 2021

Joy Crookes, penyanyi pendatang baru keturunan Bangladesh dari Inggris ini, siap jadi next-big-thing dengan karyanya. Suaranya yang khas, liriknya yang jujur sekaligus sarkastik, lagunya yang penuh arti, namun tetap ‘humble-yet silly’, dan dia baru berusia 22 tahun!

CreativeDisc mendapat kesempatan untuk ngobrol seru bersama Joy Crookes dari Sony Music Entertainment Indonesia. Lewat pertemuan singkat di Zoom, Joy Crookes – yang saat itu sedang persiapan untuk showcase albumnya, menceritakan tentang lagu barunya ‘Feet Don’t Fail Me Now’ dan album barunya yang akan segera rilis, “Skin”.

Bulan Juni lalu, Joy Crookes baru merilis lagu ‘Feet Don’t Fail Me Now’ yang bernuansa neo-soul. Ternyata lagu ini terinspirasi dari #BlackLivesMatter. Dimana tahun lalu Joy iseng menemukan melodi lagu ini, dan kemudian bernyanyi secara spontan “Feet don’t fail me now…”, hanya saja dia belum tahu mau membuat lagu seperti apa.

“Tahun lalu, banyak protes yang terjadi di #BlackLivesMatter. Itu sangat mempengaruhi aku, sehingga aku merasa penting untuk bisa ‘bersuara’ lewat karyaku. Tapi karena aku bukan black-person, jadi aku hanya mengamati bagaimana orang-orang seusiaku di media sosial. Ternyata ada yang ikut berdemo, ada juga yang diam saja. Dari situlah inspirasi lirik lagu ini muncul”. Lagu ‘Feet Don’t Fail Me Now’ menceritakan tentang keresahan hidup - tentang orang yang lebih mudah diam, karena dia takut akan konsekuensi ketika dia mengeluarkan pendapatnya.

Video musiknya juga menggambarkan keresahannya. “Itulah kenapa di klipnya banyak menampilkan aku dengan orang-orang, karena ketika kamu dalam satu grup, kita akan lebih mudah diam daripada ngomong yang sebenarnya”. Tentunya juga menampilkan kultur dari Joy – Bangladesh, yang hampir mirip dengan cerita lagunya. “Wanita Bangladesh itu terkadang harus diam, karena kita takut dengan perlakuan laki-laki. Makanya aku juga memasukkan kultur itu bukan sebagai satu hal yang estetik, tapi supaya bisa membangun cerita lagunya,” Joy menambahkan.

‘Feet Don’t Fail Me Now’ akan masuk di album debut Joy, “Skin”, yang akan rilis dalam waktu dekat. Joy sangat bangga dengan Album “Skin” ini. “Nantinya akan berisi lagu-lagu yang current, seperti auto-biographical , dan akan keluar dalam waktu dekat. Itu saja yang bisa kukatakan,” kata Joy tidak sabar.

Simak wawancara lengkapnya berikut ini:

cung2
More from Creative Disc